Resep Membuat Kembang Goyang Wijen yang Renyah dan Gurih, Praktis


Resep Membuat Kembang Goyang Wijen yang Renyah dan Gurih, Praktis
Resep Membuat Kembang Goyang Wijen yang Renyah dan Gurih, Praktis


Kue kembang goyang merupakan salah satu jenis kue tradisional khas dari Indonesia, Kue ini biasanya banyak tersedia dipasaran dan banyak diminati juga oleh semua orang. Kue ini sangat cocok disajikan ketika kita kedatangan tamu. Dari mulai anak-anak sampai pada orang yang paling tua, kue ini salah satu kue yang dijadikan sebagai mekanan faviritnya. Selain memiliki citarasa yang manais kue ini juga memiliki tekstur yang sangat renyah. Terdapat berbagai macam jenis makanan atau cemilan yang khas dari Indonesia, namun yang akan kami buat kali ini adalah kue kembang goyang. Kue ini memang memiliki bentuk seperti binga sehingga dinamakan kue kembang goyang karena dalam bahasa jawa, kembang berarti bunga. Tentunya kue ini sangat unik dan sangat langka. Untuk ituk, mari kita buat kue kembang goyang ini dengan melihat panduan resep dibawah ini.

Bahan-bahan
  1. 150 gr tepung beras
  2. 150 gr tepung terigu
  3. 125 gr gula pasir halus
  4. 3 butir telur (kocok lepas)
  5. 300 ml santan dari 1/2 kelapa
  6. 1/2 st garam
  7. 1/4 st vanili bubuk
  8. 2 sm wijen putih
  9. Minyak untuk menggoreng

Cara Membuatnya :

1. Campur kedua macam tepung. Tambahkan vanili, garam, gula dan telur. Aduk dengan sendok kayu sambil ditambahkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Saring bila perlu.

2. Panaskan wajan anti lengket. Beri minyak yang cukup banyak. Celupkan cetakan kembang goyang. Biarkan hingga cukup panas.

3. Beri wijen pada adonan. Celupkan cetakan kembang goyang yang sudah panas ke dalam adonan. Jangan sampai cetakan tertutup adonan. Lalu celupkan kembali ke dalam minyak panas. Celupkan selama beberapa detik (10-20 detik) lalu goyang-goyangkan cetakan hingga adonan lepas dengan sendirinya. Goreng kembang goyang hingga matang.

4. Angkat dan tiriskan kembang goyang diatas rak kawat/tissue. Aku pakai kertas coklat yang dibalik. Posisikan berdiri supaya cepat turun minyaknya.

5. Hasil kuenya renyah, tidak keras. Jadinya cukup banyak.

6. Kembang Goyang Wijen Siap di sajikan


Selamat Mencoba  :)

Resep by Yusinta
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==