Makanan Sehat dan Menarik untuk Anak Usia Sekolah

Anak usia sekolah cenderung mulai memiliki banyak kegiatan dan aktif di sekolah. Kegiatan belajar dan bermain menuntut anak untuk makan makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang cukup. Nutrisi merupakan kumpulan zat bergizi yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Pemberian nutrisi yang baik sangatlah penting, terutama saat sang anak memiliki banyak aktivitas di sekolah. Kebutuhan nutrisi anak dapat terpenuhi jika anak memiliki pola makan yang sehat. Salah satu cara untuk mencapai pola makan sehat adalah dengan menerapkan sarapan yang rutin. Mommies dapat menyajikan sarapan yang baik bagi kesehatan seperti makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan memiliki kadar serat yang tinggi. Sarapan merupakan hal yang penting bagi anak karena sarapan dapat menjaga kesinambungan energi, penting untuk proses pembelajaran di sekolah seperti mendukung konsentrasi, ketelitian, dan terbukti dapat meningkatkan performa anak di sekolah. Sarapan juga berguna untuk menjaga berat badan tubuh yang sehat karena dapat menyeimbangkan metabolisme tubuh dan menghindari anak banyak makan camilan.

Walaupun begitu, camilan juga memiliki manfaat yang baik untuk anak, asalkan anak mengonsumsi camilan sehat. Camilan sehat dapat berguna untuk mencegah terjadinya penurunan kadar gula darah yang drastis karena anak usia sekolah cukup aktif. Mommies dapat mencari jenis camilan sehat yang rendah kalori agar anak tetap bergairah dan tidak lesu. Contoh camilan sehat yang baik dikonsumsi anak di waktu senggangnya antara lain; oat dan buah kering, sandwich, steam vegetables (seperti kukusan wortel dan brokoli), buah-buahan, biskuit, atau smoothie buah.

Masalahnya, seringkali anak lebih memilih makanan berkalori tinggi dan susah untuk memakan makanan sehat seperti sayur dan buah. Oleh karena itu, mommies dapat mencoba menyajikan makanan dan camilan sehat yang dapat menarik perhatian anak. Mengingat kreativitas anak usia sekolah pun sedang berkembang, apa salahnya untuk mencoba berkolaborasi dengan anak di dapur Anda? Tentunya menyenangkan! Terdapat beberapa opsi makanan dan camilan sehat yang dapat mommies dan anak buat dengan mudah di rumah, antara lain :

  1. Funny Bento

Bento merupakan kotak nasi berisi cetakan nasi polos/goreng/tim yang dibentuk lucu dan dihias dengan daging, sayur-sayuran, dan buah-buahan.


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==